Skip to main content

Kinerja Penggalangan Dana Publik ICW

Indonesia Corruption Watch (ICW) memiliki moto “bersama rakyat memberantas korupsi”. Hal itu berarti dalam kerja-kerja ICW partisipasi publik menjadi sangat  penting, agar gerakan antikorupsi terus tumbuh dan meluas. Sumbangan tenaga, keahlian dan dana adalah salah satu bentuk dukungan yang bisa dilakukan publik untuk ikut berpartisipasi.

Program Divisi Penggalangan Dukungan Publik (PDP) tahun 2019 mencoba menggalang dukungan publik melalui berbagai cara, membangun kanal donasi melalui laman sahabaticw.org merupakan salah satunya. Laman ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah publik memilih bentuk dukungan yang diinginkan, misalnya seperti membeli merchandise, mendaftar volunteer atau mendukung salah satu program antikorupsi dengan melakukan donasi.

Di 2019, Divisi PDP melalui programnya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1.715.697.656. Dana ini terkumpul melalui auto debet perbankan sebanyak Rp330.941.656 dan donasi transfer sebesar Rp1.312.486.000 dengan rata-rata ada 178 individu berdonasi setiap bulan serta 6 korporasi yang mendukung program antikorupsi. Penjualan merchandise  ICW sendiri mendapat pemasukan sebesar Rp72.270.000.

Hasil donasi yang terkumpul selama 2019 digunakan untuk mendukung program Sekolah Antikorupsi (SAKTI) diantaranya SAKTI Guru, SAKTI Pemuda Bali, dan SAKTI Seniman. Selain itu dana donasi juga digunakan untuk mendukung kerja-kerja kampanye Reformasi Dikorupsi melalui riset aturan dan kebijakan serta memproduksi materi kampanye.

 

Dalam melaksanakan program, tantangan selalu ada. Seperti misalnya melakukan cek latar belakang korporasi yang ingin bekerjasama dalam program antikorupsi, korporasi harus memiliki rekam jejak yang bersih dan tidak tersangkut dalam kasus tindak pidana korupsi. Calon penyumbang juga tidak terjebak dalam conflict of interest untuk menjaga independensi gerakan antikorupsi.

 

Dokumen
Attachment Size
LAT_ICW_2019_web.pdf 3.31 MB

Link