Skip to main content

Mbaham Matta: Cerita Rakyat Dari Papua Barat

Kabupaten Fakfak adalah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Papua Barat, letaknya berada di kepala burung bagian selatan Pulau Papua. Salah satu alumni Sekolah Antikorupsi (SAKTI) Saida Husna Wokash yang tinggal dan besar di Kabupaten Fakfak, punya keinginan untuk menelusuri  cerita rakyat dari daerah Fakfak, yang biasanya disebarkan dari mulut ke mulut, kemudian membukukan dalam buku kumpulan cerita rakyat.

Melalui dukungan program Gagasan Antikorupsi Alumni SAKTI (GAAS), Saida dapat mewujudkan keinginannya itu. Sejak awal Juni tahun 2021, Saida memulai ekspedisinya untuk mengumpulkan cerita rakyat dari Kabupaten fakfak dan sekitarnya.

Kumpulan cerita rakyat dari Papua ini kemudian disusun dalam buku berjudul Ekspedisi Mbaham Matta CAN Cerita Untuk Anak Negeri. Di dalam buku inimengkompilasi 14 cerita rakyat yang dikumpulkan dari berbagai daerah di kabupaten Fakfak dan daerah lain di Provinsi Papua Barat.

Cerita-cerita yang terkumpul banyak yang mengangkat kisah perjuangan dari suku-suku yang ada di Papua Barat untuk memperjuangkan tanah airnya, juga ada cerita mengenai keteladanan seseorang hingga akhirnya dapat mengubah hidupnya.

Dalam cerita rakyat sering terkandung nilai integritas, seperti kejujuran, tanggung jawab, keberanian dan kerja keras. Nilai ini dapat disampaikan secara sederhana dan dicontohkan dalam perilaku keseharian, sehingga pembaca dengan target anak-anak dapat memahami dengan mudah. 

 

Link