Skip to main content

Menggalang Dukungan Dimasa Pandemi

Tahun 2020 adalah tahun penuh pembelajaran bagi Indonesia Corruption Watch. Pada bulan Maret 2020 pemerintah Indonesia mengumumkan masuknya virus Corona ke wilayah Indonesia dan memutuskan Indonesia masuk dalam situasi pandemi COVID-19. Masa Pandemi mengakibatkan pembatasan diberbagai aktivitas masyarakat, baik aktivitas ekonomi maupun aktivitas lainnya agar dapat menekan penularan virus. Banyak orang mengalihkan fokusnya kepada kebutuhan kesehatan dan mengurangi pengeluaran disektor yang lain.

Perubahan situasi ini juga mempengaruhi kerja-kerja dari Divisi Penggalangan Dukungan Publik (PDP) ICW. Beberapa Sahabat ICW yang rutin berdonasi memutuskan mundur memberikan dukungan karena faktor finansial. Penjualan merchandise yang pada saat normal memberikan pendapatan yang lumayan, pun harus mengalami penurunan. Pihak koorporasi yang biasanya mendukung pun harus mengalihkan fokus ke penanganan pandemi dibanding melakukan dukungan ke beberapa kegiatan lain. Hal ini yang membuat kami perlu merubah pendekatan penggalangan dukungan untuk merespon kebiasaan baru banyak orang dimasa pandemi.

Upaya divisi PDP untuk merespon perkembangan zaman serta situasi pandemi diantaranya mencoba membangun infrastruktur digital dengan membangun website www.sahabaticw.org, tujuannya agar memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin memberikan dukungan dan melakukan penggalangan donasi secara digital. Salah satu upayanya dengan membuat mekanisme transaksi secara digital yang bisa diakses melalui website agar calon donatur dapat memberikan dukungan mereka dengan mudah dan cepat.

Selain itu, di masa pandemi ini kami terus berupaya menjaga dukungan dari para sahabat ICW yang telah rutin berdonasi setiap bulannya dengan melakukan donasi auto-debet. Upaya yang dilakukan adalah menjaga komunikasi secara intens dengan melakukan publikasi informasi kerja-kerja ICW melalui Kabar ICW yang kami sebar ke email donatur dan Whatsapp Broadcast. Secara rata-rata sahabat ICW yang aktif melakukan donasi tiap bulannya berjumlah 170 supporter, dari jumlah tersebut dalam satu tahun terkumpul dana sebesar Rp.311.208.323. Selain itu kami juga mendapat dukungan berupa one-time donation yang berjumlah Rp.7.290.000 serta pendapatan dari penjualan merchandise sebesar Rp.47.575.000.

 

Totoal donasi auto-debet 2020 One-Time Donation  Penjualan Merchandise 2020

Link