Skip to main content

PERMISI! : Teater Keliling Antikorupsi

Apa jadinya jika kesenian teater dibawa keliling kampung. Adalah Rizal Zombi alumni Sekolah Antikorupsi Seniman 2019 yang menginisiasi sebuah pertunjukkan teater yang dikemas dalam bentuk teater keliling memanfaatkan program Gagasan Antikorupsi Alumni Sakti (GAAS) sebagai pendukung kegiatan. Membawakan judul PERMISI! Road Trip Exhibition bekerjasama dengan Tilik Sarira Creative Proses, pada kegiatannya memiliki dua fokus kegiatan yaitu pameran dan pertunjukan, awalnya kegiatan ini dilakukan di wilayah Banten, namun karena masa pandemi Covid-19 yang memasuki gelompang kedua pada pertengahan tahun lalu, akhirnya kegiatan digeser ke daerah yang relatif masuk kategori hijau atau aman dari Covid-19.

Kegiatan akhirnya dilakukan di Desa Gejayan, Dusun Pakis, Kabupaten Magelang. Pertunjukan yang diberi judul 'Lie Detector' ini dilakukan pada 31 Juli 2021, dengan terlebih dahulu melakukan pengumpulan karya yang akan dipamerkan disalahsatu rumah warga, kemudian pertunjukan dilaksanakan dipekarangan dengan melibatkan beberapa warga yang diajak merespon. Dokumentasi pertunjukan ini kemudian di launching secara online di bulan Desember bertepatan dengan peringatan hari antikorupsi sedunia, yang bisa disaksikan di kanal Youtube Sahabat ICW.

Kegiatan ini punya harapan ada pendekatan baru yang bisa dilakukan untuk menyuarakan isu antikorupsi. Dengan penyajian yang menarik, warga bisa diajak terlibat dan memahami bersama mengenai bahaya korupsi dan siapa korbannya.

Link