Skip to main content

Sekolah Antikorupsi di Negeri Serambi Mekah

Pada awal April 2021, Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) dan Jangko bekerjasama untuk melaksanakan Sekolah Antikorupsi (SAKTI) untuk anak muda Aceh. SAKTI Aceh dilaksanakan dengan tujuan memberikan perspektif antikorupsi dan kemampuan dasar pemantauan bagi anak muda yang berdomisili disekitar Aceh. kegiatan ini berlangsung selama enam hari mulai dari 4 April hingga 9 April 2021 yang dilaksanakan di Takengon, Aceh tengah.

Pada masa pendaftaran SAKTI Aceh menjaring 29 calon peserta yang kemudian akan melalui empat tahap seleksi, mulai dari seleksi administrasi, penulisan essay, seleksi online melalui kanal belajar www.akademi.antikorupsi.org dan seleksi wawancara. Proses seleksi berhasil menyaring peserta menjadi 13 orang yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 9 laki-laki, nantinya peserta yang sudah terseleksi akan melalui masa pelatihan selama enam hari.

Selama kegiatan peserta menerima berbagai macam materi antikorupsi mengenai keterbukaan informasi publik,  hukum dan korupsi, gender dan korupsi, analisis anggaran dan strategi advokasi dan kampanye. Setelah melakukan pelatihan peserta ditantang untuk menyusun rencana kegiatan sesuai dengan materi yang mereka dapatkan yang biasa kami sebut Rencana Tindak Lanjut (RTL), kegiatan ini bertujuan untuk memberi kesempatan peserta untuk merespon permasalahan korupsi disekitar mereka dengan kemampuan yang sudah mereka dapat selama pelatihan.

Kegiatan SAKTI Aceh sukses dilaksanakan atas dukungan dari donasi Sahabat ICW. Dengan menjadi Sahabat ICW masyarakat dapat memberikan dukungan dalam bentuk donasi agar gerakan antikorupsi dapat terus tumbuh dan menyebar melalui kelompok-kelompok anak muda di seluruh Indonesia.

Link