#BongkarKasusKorupsi

DONATE SHARE

Praktek Korupsi telah menghalangi negara ini menjadi makmur dan sejahtera. Dukung upaya ICW mengungkap dan melaporkan praktek korupsi melalui Program #BongkarKasusKorupsi

 

Praktek korupsi di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan. Korupsi terjadi dihampir semua lingkup pemerintahan, parlemen dan lembaga penegak hukum  di Indonesia. Korupsi merata terjadi mulai dari tingkat nasional hingga tingkat yang paling kecil yaitu desa. Jumlah kasus korupsi yang terjadi dan nilai kerugian yang ditimbulkan cenderung meningkat setiap tahunnya.

 

Salah satu cara menekan praktek korupsi adalah dengan membongkar dan melaporkan dugaan kasus korupsi yang terjadi di kepada penegak hukum. Sejak berdiri 1998 lalu hingga saat ini ICW telah melaporkan puluhan kasus korupsi kepada penegak hukum. Kasus korupsi kakap yang pernah dibongkar dan dilaporkan ICW antara lain kasus dugaan suap terhadap Jaksa Agung; dugaan korupsi yang terjadi di Bank Indonesia, DPR,  Kementrian Sosial dan Kementrian Agama; serta kepemilikan rekening gendut oknum jenderal polisi. 

 

Selain membongkar praktek korupsi, ICW juga melakukan pelatihan investigasi kasus korupsi kepada masyarakat dan jurnalis di daerah. Tujuannya adalah agar pengungkapan kasus korupsi di daerah bisa meningkat. Selain itu, ICW juga melakukan advokasi bersama masyarakat untuk mendorong aparat penegak hukum didaerah transparan dalam menangani kasus korupsi.

 

Anda dapat membantu kami dalam mengungkap praktek korupsi melalui program #BongkarKasusKorupsi. Donasi yang Anda berikan digunakan untuk kegiatan investigasi, pelaporan kasus korupsi dan memantau kasus korupsi yang ditangani oleh institusi penegak hukum.