#HutanLestariTanpaKorupsi

DONATE SHARE

Akibat korupsi maka hutan Indonesia jauh dari kata lestari. Dukung upaya ICW mendorong pemberantasan korupsi di sektor kehutanan melalui Program #HutanLestariTanpaKorupsi

 

Setidaknya ada dua berita buruk tentang Indonesia yang diakui oleh masyarakat Internasional. Pertama, Indonesia menjadi salah satu negara yang tergolong terkorup di dunia. Terakhir pada tahun 2016, Transparency International menempatkan Indonesia pada peringkat 107 dari 175 negara  Kedua, Indonesia menjadi salah satu negara dengan laju kerusakan hutan tinggi di dunia. Bahkan pada tahun 2008, Guiness Book Of World Records bahkan pernah menempatkan Indonesia sebagai negara penghancur hutan tercepat di dunia.

 

Laju korupsi dan laju kerusakan hutan setidaknya memiliki titik temu berdasarkan riset World Bank, tahun 2006. Kajian Bank Dunia ini menyebutkan laju deforestasi (illegal forest activity) memiliki korelasi dengan tingkat korupsi di sebuah negara.  Muncul kecenderungan semakin tinggi praktek korupsi di suatu negara maka semakin tinggi laju deforestasi di negara  terebut.

 

Apabila permasalahan ini dilihat dari hulu hingga hilir, maka hulu permasalahan salah satunya disebabkan pada persoalan tata kelola dan praktek korupsi di sektor kehutanan. Akibat korupsi, maka pengawasan maupun tata kelola hutan menjadi tidak efektif dan hutan indonesia jauh dari kata lestari. Dampaknya tidak langsung dari korupsi sektor kehutanan sangat jelas terlihat. Misalnya kebakaran hutan, terancamnya keberadaan satwa yang dilindungi, punahnya tanaman endemik dan konflik masyarakat di sekitar hutan serta hilangnya sumber pendapatan dari sector kehutanan.

 

Selama lima tahun terakhir kami telah terlibat dalam gerakan penyelamatan sumber daya alam dari praktek korupsi. Kegiatan yang telah kami lakukan antara lain investigasi dan pelaporan kasus korupsi sektor kehutanan, penelitian tentang korupsi dan penerimaan negara dari sector kehutanan, pengawalan upaya pemerintah untuk menindak tegas dan melakukan perbaikan regulasi di sektor kehutanan.

 

Anda dapat membantu kami dalam menyelamatkan hutan Indonesia melalui program #HutanLestariTanpaKorupsi. Donasi yang Anda berikan digunakan untuk kegiatan-kegiatan kampanye pemberantasan korupsi  di sektor kehutanan.