#CegahKorupsiSelamatkanAlam

DONATE SHARE

Sumber Daya Alam merupakan salah satu sektor yang rentan terhadap praktik korupsi di Indonesia. Dukung ICW mencegah korupsi sumber daya alammelalui program  #CegahKorupsiSelamatkanAlam

Indonesia adalah negara yang selain dikenal karena kaya akan sumber daya alam juga dikenal sebagai negara dengan tingkat deforastasi ataupun kerusakan sumber daya alam yang tinggi. Pada sisi lain deforastasi dan kerusakan alam tersebut juga ditopang dengan tidak optimalnya proses penegakan hukum dan merebaknya praktek korupsi yang sungguh sangat mengkhawatirkan.

Berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi, jumlah kerugian negara yang ditimbulkan  di sektor sumber daya alam seperti kehutanan, perkebunan dan pertambangan juga sangat luar biasa.  Kerugian keuangan negara yang timbul disektor sumber daya alam jumlahya lebih besar daripada sektor lain semisal pengadaan barang dan jasa. Sumber daya alam yang idealnya untuk kemakmuran rakyat prakteknya berkembang menjadi kemakmuran untuk para koruptor. Banyak daerah yang kaya akan sumber daya alam namun tingkat kemiskinannya juga cukup tinggi.

Pada 19 Maret 2015 lalu di Istana Bogor, dengan disaksikan oleh Presidan Joko Widodo sebanyak 29 pimpinan Kementrian dan Lembaga menandatangani Nota Kesepakatan Rencana Aksi Bersama Gerakan Penyelamatan Sumber Daya Alam di Indonesia (GNPSDA). Dalam kegiatan juga dilakukan deklarasi institusi penegak hukum (KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan TNI) dalam mendorong penyelamatan SDA di Indonesia.  GNPSDAdiharapkan dapat mengatasi sejumlah persoalan pada pengelolaan SDA termasuk korupsi sekaligus meningkatkan penerimaan negara demi kesejahteraan rakyat.

Anda dapat membantu ICW dalam mencegah korupsi sumber daya alam melalui program #CegahKorupsiSelamatkanAlam. Donasi yang Anda berikan digunakan untuk kegiatan-kegiatan advokasi dan kampanye pemberantasan korupsi  dan penyelamatan sumber daya alam.