#DemokrasiTanpaKorupsi

DONATE SHARE

 

Partai Politik yang korup jadi salah satu penyebab rusaknya demokrasi di Indonesia. Dukung ICW mendorong Partai Politik yang berintegritas melalui program #DemokrasiTanpaKorupsi

 

Partai Politik (Parpol) menjadi salah satu ciri bagi keberadaan demokrasi suatu negara, tapi sayang parpol di Indonesia justru malah diragukan dimata masyarakat. Dalam sejumlah survey Parpol menduduki peringkat terbawah lembaga yang paling rendah mendapat kepercayaan masyarakat. Kondisi itu terjadi karena pengelolaan partai politik di Indonesia cenderung korup dan buruk.

 

Lemahnya pendanaan, transparansi, dan akuntabilitas serta banyaknya kader yang tersangkut korupsi menjadi persoalan yang mendera Parpol di Indonesia. Hal ini menjadikan Demokrasi yang sebenarnya ingin dibangun malah jauh dari angan. Sehingga membenahi Partai Politik menjadi keharusan demi penyelamatan Demokrasi.

 

Buruknya kinerja Parpol tidak bisa dilepaskan karena UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik tidak mengatur secara lebih rinci aspek pendanaan, transparansi dan pengelolaan keuangan serta kode etik Parpol. Salah satu cara memperbaiki dan menekan potensi korupsi yang terjadi dilingkaran Parpol adalah dengan mendorong lahirnya Revisi UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

 

Anda dapat membantu mendorong dibahas dan disahkannya Revisi UU Parpol melalui program #DemokrasiTanpaKorupsi. Donasi yang Anda berikan digunakan untuk membiayai kegiatan riset bersama para ahli, diskusi publik, audiensi ke lembaga negara  dan partai politik, kampanye, serta untuk membiayai kebutuhan operasional ICW.