Mata Desa

Mata Desa alias Pemantauan Anggaran Desa adalah program untuk Anak Muda Desa untuk mendapatkan pelatihan tentang pengelolaan anggaran di Desa. Selanjutnya mereka akan menjadi agen pemantau dan memastikan pendapatan dan pengeluaran anggaran sesuai dan tepat sasaran. Mereka juga wajib mengadvokasi Kepala Desa dan jajarannya agar berupaya membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMD) dari anggaran dana desa. Tentunya program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam mengawasi anggaran desa yang cukup besar untuk dikelola.

Indonesia Corruption Watch (ICW) akan memilih beberapa daerah yang sesuai dengan kriteria internal. Kemudian ICW akan mencari 5-10 anak muda usia 17-25 tahun untuk diberikan pelatihan mengenai analisis anggaran, advokasi kebijakan, pengantar antikorupsi, dan hal yang berkaitan dengan pengelolaan anggaran selama seminggu. Kemudian anggota Mata Desa akan memantau anggaran desa selama 3 bulan yang dibimbing oleh ICW. Harapannya program ini dapat diduplikasi ke desa lainnya baik satu kecamatan maupun sekabupaten.

Maka dari itu, kami mengajak kamu untuk mendukung program Mata Desa melalui donasi publik. Silahkan pilih donasi yang ingin kamu berikan di kanan layar berikut. Terimakasih atas dukunganmu!