Omon-Omon Demokrasi dan “Fenomena Zombie Activism”

Kabar ICW
Wednesday, 13 March 2024

Indonesia Corruption Watch (ICW) melaksanakan diskusi publik bertajuk “Omon-Omon Demokrasi dan Fenomena Zombie Activism” di Resonansi Hub dan disiarkan secara langsung di Youtube Sahabat ICW pada hari Sabtu 09 Maret 2024. Tema ini dipilih sebagai bentuk analisa atas berbagai fenomena, salah satunya upaya represi kebebasan sipil melalui demo yang dialami di beberapa kantor NGO pegiat demokrasi yang sebelumnya melontarkan narasi menggugat pemerintah, dan juga momen pra hingga pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang sampai saat ini menyisakan banyak pertanyaan dan persoalan soal demokrasi.

Konflik antara kelompok masyarakat dan NGO berawal dari narasi tandingan yang mendukung penuh pemerintah dan menolak keras kritik dalam bentuk apapun pada pemerintahan era Jokowi yang dianggap baik-baik saja. Kelompok tersebut menyerang organisasi masyarakat sipil seperti KontraS, YLBHI, dan ICW serta para mahasiswa yang menyuarakan narasi pemakzulan Presiden.

Disorientasi Kapasitas Politik dan Mobilisasi “Zombie” Menjadi Alat Kekuasaan

Diskusi ini mengupas terminologi “Zombie Activism” yang dibawa oleh Defbry Margiansyah yang merupakan peneliti BRIN dan menjadi narasumber dalam diskusi publik tersebut. Defbry menggunakan Term Zombie Activism sebagai salah satu istilah fenomena yang bertalian dengan kemunduran demokrasi serta pembungkaman warga sipil, dia menjelaskan bahwa hal tersebut tercermin dalam upaya kontra-narasi dari kelompok lain kepada masyarakat atau CSOs independen dalam menyampaikan narasi pro-rakyat. 

Kajian Zombie Activism mencoba mengupas peristiwa delegitimasi demokrasi melalui entitas horizontal masyarakat yang sengaja di mobilisasi oleh kelompok tertentu sebagai bentuk pembungkaman. Hal ini telah banyak terjadi di lingkungan sosial kita namun tidak cukup familiar di mata publik dan dianggap jauh kaitannya dengan demokrasi. Pada kenyataannya, fenomena ini telah lama menjadi alarm bagi demokrasi di negara kita.

Atas dukungan Sahabat ICW, kami saat ini terus mengagendakan diskusi bersama masyarakat untuk menjaga demokrasi yang sesuai dengan substansinya. Diskusi publik seperti ini menjadi upaya bersama untuk tetap merawat semangat antikorupsi dan penyadaran warga mengenai situsiasi yang terjadi di negara kita. 

Share