SAKTI Guru 2023: Mendorong Tenaga Pendidik Menjadi Guru Antikorupsi

Kabar ICW
Friday, 10 November 2023

Pendidikan adalah salah satu aspek penting membangun masyarakat. Pendidikan yang buruk, berpotensi mencetak generasi dengan kualitas yang rendah. Pendidikan dalam konteks luas tidak hanya berbicara mengenai keberhasilan guru dalam mengajar, namun lebih jauh dari itu, ‘mendidik’ adalah proses membuat seorang manusia memiliki jiwa kemanusiaan dan menjadi manusia merdeka yang memahami hal baik maupun buruk dalam kehidupan.


Integritas menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh manusia. Kejujuran dan integritas, dapat membangun kepercayaan antar sesama serta membuat seseorang menjadi lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan. Nilai itegritas tentu perlu dimiliki utamanya oleh seorang guru, karena guru memiliki peran penting dalam membangun generasi kita untuk menjadi bangsa yang berkualitas.


Dalam pendidikan di sekolah, guru dapat dikatakan menjadi ujung tombak proses pembelajaran. Pelaksanaan peran guru akan menentukan berjalan atau tidaknya proses mendidik yang tidak hanya mencerdaskan siswa, tetapi juga membangun nilai integritas siswa. Pada kondisi di mana jumlah korupsi semakin naik, guru dapat berkontribusi dengan menguatkan nilai-nilai kejujuran dan antikorupsi kepada siswa. Semua nilai itu, tentu tidak lepas dengan nilai-nilai integritas.

Oleh karena itu, ICW sudah sejak lama melaksanakan program Sekolah Antikorupsi khusus untuk para guru, karena kami memiliki keyakinan untuk menanamkan nilai integritas dan antikorupsi pada mereka, demi pembangunan bangsa yang lebih baik. Program ini tentunya bertujuan agar mereka dapat mendorong perubahan generasi menjadi sumber daya yang berkualitas dan berintegritas, sehingga warga sekolah dapat turut mencegah korupsi yang selama ini telah marak terjadi di sekitar kita, khususnya pada sektor Pendidikan.


Pada Oktober 2023, ICW telah melaksanakan kembali SAKTI Guru untuk wilayah Jawa Barat. Sekolah Antikorupsi ini diikuti oleh 11 guru terpilih setelah mengikuti tahap seleksi dari 70 guru yang telah mendaftarkan diri. Proses pembelajaran dalam agenda ini dilaksanakan selama kurang lebih lima hari dengan berbagai materi antikorupsi yang masih erat kaitannya dengan isu Pendidikan.


Program ini tidak mungkin berjalan tanpa dukungan Sahabat ICW, kami saat ini berupaya untuk memperbanyak kegiatan sekolah Antikorupsi di berbagai elemen masyarakat, termasuk SAKTI khusus Guru setiap tahunnya. Hal ini tentunya menjadi usaha bersama dalam menjaga semangat dan nilai-nilai antikorupsi di masyarakat.

Share