Teater Antikorupsi Bersama Tilik Sarira

Kabar ICW
Wednesday, 26 October 2022

Kegiatan ini diinisiasi oleh kawan-kawan dari Yayasan Tilik Sarira dengan mendorong konsep teater interaktif dan partisipatif bersama masyarakat setempat. Tilik Sarira merupakan sebuah yayasan yang dibangun oleh Alumni SAKTI Seniman angkatan 2019. Pada tahun2022i, ICW berkolaborasi bersama dengan Tilik Sarira dalam pelaksanaan Teater Antikorupsi tersebut. Kegiatan ini dilakukan untuk bisa menanamkan nilai antikorupsi pada warga mengenai kebiasaan buruk dari berbohong yang merupakan cikal bakal korupsi.


Agenda ini mengusung tema “Kontes Berbohong”, dengan konsep pertunjukan yang diberi nama “Permisi (Road Trip Exhibition) 2022. Proses rangkaian kegiatannya adalah diskusi dengan berbagai seniman dan aktivis mengenai seni teater dan isu-isu sosial yang erat kaitannya dengan korupsi. Tilik Sarira kemudian memilih salah satu daerah untuk dijadikan tempat “Permisi” melakukan kegiatan teater yang melibatkan warga langsung untuk lebih interaktif di dalamnya. Daerah yang dipilih pada agenda ini adalah Tulungagung Jawa Timur.


Konsep pertunjukan ini tidak seperti teater pada biasanya, karena dalam proses berkaryanya melibatkan warga sekitar untuk menjadi terlibat menjadi lakon. Proses partisipatif warga dalam pertunjukan ini ternyata berhasil memunculkan problem-problem warga yang biasanya tabu untuk dibicarakan sehingga dapat dibahas dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik.

Share