Skip to main content

DONASI
Sekolah Antikorupsi

Pemuda punya kelebihan secara demografi juga karakter mereka yang kolektif dapat mendorong perubahan lebih kuat. Sayang sekali jika pemahaman mereka mengenai kejahatan korupsi minim, apalagi saat mereka menduduki posisi-posisi penting nanti. Perubahan bisa mereka lakukan, asalkan kapasitas untuk menjawab tantangan dan melawan korupsi dimiliki oleh mereka. Ayo dukung perubahan mulai dari anak muda.

 

*Pastikan dukungan yang Kita berikan bukan berasal dari tindak pidana korupsi atau kejahatan lainnya.

Sekolah Antikorupsi

Semenjak tahun 2013 ICW telah mengelola Sekolah Antikorupsi (SAKTI) sebagai ruang belajar bersama dan berkolaborasi. Dalam 2 tahun terakhir kami memfokuskan pelaksanaan SAKTI di beberapa daerah seperti Bali, Papua dan Papua Barat karena kami percaya kawan muda di daerah mampu melakukan perubahan di daerah mereka. Kami terus berupaya mengembangkan kurikulum SAKTI agar dapat menjawab tantangan zaman serta terus meningkatkan kapasitas kawan muda dalam menghadapi kejahatan korupsi, sebab korupsi adalah tantangan yang akan mereka hadapi dimanapun mereka berada.

Melalui pelaksanaan SAKTI sejak 2013 kami telah memiliki kurang lebih 100 kader antikorupsi yang tersebar di berbagai daerah, 40% diantaranya hingga saat ini masih aktif dalam kelompok maupun kegiatan yang dilakukan secara individu dalam upaya menggampanyekan gerakan antikorupsi dan melakukan perubahan di daerahnya masing-masing.

Semangat ini perlu dijaga nyalanya, agar inisiatif yang sudah dibangun oleh alumni SAKTI diberbagai daerah bisa tetap membara. Untuk itu ICW menyusun program yang memiliki tujuan untuk menjaga inisiatif tersebut. Gagasan Antikorupsi Alumni SAKTI atau yang disingkat GAAS mencoba menantang para alumni untuk mewujudkan ide mereka dengan mengirimkan proposal kegiatan, proposal ini nantinya diseleksi dan akan didanai yang sumbernya berasal dari sumbangan publik.

ICW juga mengembangkan kanal pembelajaran daring Akademi Antikorupsi. Kanal ini bisa diakses secara gratis, dimana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat yang tertarik dengan isu antikorupsi dapat mempelajarinya dengan mudah di Akademi Antikorupsi. Kanal ini dalam tahap pengembangan diaspek materi antikorupsi, saat ini sudah ada materi Pengantar Antikorupsi, Korupsi Sumber  Daya Alam, Demokrasi dan Korupsi, dan materi lainnya, kedepan tidak menutup kemungkinan ada materi menarik lainnya yang bisa pengunjung pelajari.

Upaya baik dari pendidikan antikorupsi jangan sampai berhenti, ini adalah investasi jangka panjang yang bisa kita rasakan di masa depan nanti. ICW butuh dukungan lebih dari masyarakat agar bisa terus mengupayakan perubahan mulai dari generasi muda.

Cerita baik mengenai kegiatan kawan muda SAKTI dalam mewujudkan perubahan bisa diakses di Kabar ICW.

____

ICW sepenuhnya bertanggung jawab atas pengelolaan dan penggunaan dana donasi yang terkumpul. ICW akan mempublikasikan penggunaan dana dalam bentuk laporan yang mudah diakses untuk publik melalui website antikorupsi.org.

Selain donasi, dukungan Anda juga dapat dilakukan dengan cara membeli merchandise yang tersedia di www.sahabaticw.org